Wednesday, June 09, 2010

Aplikasi Athenaum untuk Pengelolaan Koleksi Perpustakaan :Kajian Software.

Oleh Ahmad Saefudin S. (Puslit Bioteknologi LIPI)

Pendahuluan

Perpustakaan adalah suatu tempat atu ruangan dari sebuah gedung atau gedung itu sendiri yang di gunakan untuk menyimpan koleksi informasi baik tercetak maupun dijital untuk dibaca oleh pengguna dan bukan untuk di perjual belikan. Fasilitas perpustakaan saat ini bisa dijumpai hampir di setiap instansi, sekolah, organisasi bahkan di tempat wisata pun sekarang beberapa diantaranya sudah memiliki yang di peruntukan bagi para wisatawan yang ingin menggali informasi lebih akan tempat wisata yang mereka kunjungi. Dan sekarang mungkin bisa dikatakan perpustakaan merupakan fasilitas yang wajib dimiliki oleh setiap lembaga atau kantor bahkan oleh pribadi yang cinta akan ilmu pengetahuan (kalangan intelektual atau yang berpendidikan).

Dengan semakin berkembangnya koleksi perpustakaan yang ada, tentunya diperlukan suatu pengelolaan yang profesional. Saat ini tenaga profesional pengelola perpustakaan cukup banyak yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan baik, melalui studi di bangku kuliah atau pun melalui kursus menjadi pustakawan. Di samping sumber daya manusia yang mengelola tentunya di perlukan juga perangkat lunak yang dapat membantu dan meringankan tugas pustakawan di dalam mengelola koleksi dan melayani pengguna perpustkaan.

Aplikasi Athenaum

Saat ini cukup banyak perangkat lunak yang bisa digunakan oleh pustakawan untuk mengelola koleksi perpustakaan, salah satunya adalah aplikasi Athenaum. Aplikasi ini di kembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Sumware Consulting. Athenaum dirancang dalam dua versi, yaitu Athenaum Pro atau versi kormesil dan Athenaum Light atau versi gratis (freeware). Untuk versi freeware atau Athenaum Light cukup banyak digunakan di sekolah-sekolah atau perpustakaan lembaga serta pribadi.

Fasilitas Athenaum Light meski bersifat freeware atau gratis akan tetapi sudah cukup untuk di gunakan oleh perpustakaan didalam mengelola koleksi perpustakaan serta melayani pemimjaman oleh anggota. Aplikasi Athenaum ini di kembangkan kembali oleh Kalangan Pustakawan yang tergabung dalam Komunitas Athenaum Light Indonesia (KALI) dengan versi terakhirnya yaitu Athenaum 8.5 yang bisa di download di blog komunitas KALI di http://kali-indonesia.blogspot.com/ . Selain bisa mengunduh di blog ini pun para pengguna bisa saling berdiskusi dengan para ahli pengembangan aplikasi Athenaum 8.5 yang tergabung di dalam KALI.

Fitur Athenaum 8.5

Fitur Athenaum 8.5 yang dikembangkan oleh para developer KALI, yaitu :

  • Pangkalan data buku / dokumen lain,
  • Menu peminjaman,
  • Menu pengembalian,
  • Menu laporan,
  • Pembuatan label buku,
  • Barcode,
  • Statistik
  • Stock opname.

Selain fitur tersebut, satu hal lain yang menjadi daya tarik tersendiri buat Athenaeum yang di kembangkan KALI yaitu aplikasinya dikemas secara freescript, artinya kode atau formula di dalamnya tidak ditutup oleh pembuatnya, sehingga memungkin untuk di kembagkan lagi oleh developer lainnya sesuai kebutuhan. Athenaum sendiri dibangun dan kembangkan menggunakan aplikasi FILEMAKER.

Menggunakan Athenaum 8.5

  1. Downlod aplikasi tersebut pada http://www.4shared.com/file/35435567/a857920b/Athe85.html .
  2. Ekstrak aplikasi tersebut pada folder yang kita inginkan.
  3. Jalankan aplikasi dengan mendouble klik file Athe8.5v1.exe
  4. Masukan password user untuk OPAC atau merdeka untuk administrator [kolom user di kosongkan].

Untuk OPAC akan tampil halaman utamanya seperti berikut (versi GUI contoh) :


Gambar Tampilan Untuk OPAC User


Tampilan halaman penelusuran pada OPAC


Gambar Hasil Penelusuran OPAC


Gambar Tampilan Daftar Katalog Koleksi


Gambar Detil Katalog Hasil Penelusuran

Menu Administrator

Untuk masuk sebagai administrator saat pertama kita menjalankan aplikasi Athenaum, kita harus memasukan password : merdeka tanpa mengisi account , maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Gambar Tampilan Muka saat login Administrator.


Pada tampilan ini kita akan menemukan beberapa menu, untuk menu header yaitu :

  • Peminjaman
  • Pengembalian
  • Anggota
  • Sirkulasi
  • Administrasi

Untuk menu samping:

  • Informasi
  • Pencarian
  • Katalog
  • DDC abridged
  • Web Life
  • Artikel
  • Laporan
  • Keluar

Tampilan daftar katalog

Gambar daftar katalog


Tampilan detil katalog


Menambah data atau record dengan mengklik menu record dan new record dengan

Kemudian kita pilih item lalu pilih isi data.

Begitu juga mengedit, dari daftar katalog dibuka record yang kita cari lalu pilih isi data,

Begitu juga dengan proses sirkulasi, kita bisa menggunakan keyboard atau barcode reader sebagai alat inputnya, yang tentunya akan memudahkan petugas dalam melayani.

Kesimpulan

Dengan cukup lengkapnya fasilitas yang dimiliki aplikasi Athenaum 8.5v1, sudah dapat digunakan untuk mengelola koleksi dan layanan peminjaman perpustakaan dengan baik. Namun meski program ini cukup lengkap , seperti hal pada umumnya untuk aplikasi versi freeware tentu cukup banyak kekurangan di banding versi komersial, sehingga di sarankan jika akan menggunakan aplikasi versi gratis ini, sebaiknya di gunakan untuk perpustakaan yang tidak begitu besar dan aktif, karena jika ada masalah yang penting dan butuh penyelesaian cepat akan cukup sulit bagi pustakawan memberikan solusi yang tepat dan cepat. Aplikasi ini cocok digunakan di perpustakaan kecil seperti perpustakaan pribadi, sekolah atau organisasi kecil.

Daftar referensi

1. Athenaeum 6.0 untuk komputer Jadoel . http://kali-indonesia.blogspot.com di akses 10 mei 2010

2. Apresiasi untuk: AT8.5 (Modifikasi ) . http://kali-indonesia.blogspot.com di akses 8 mei 2010

3. Panduan Athenaum Light 8.5 . http://perpustakaan.lpmp-kalbar.net/koleksi%20elektronik/bahan%20ajar/digilib2007/panduan%20AT85.pdf diakses 8 mei 2010

No comments: