Menu

Thursday, September 22, 2011

URBANation : Pameran Desa Informasi Perpustakaan Universitas Kristen Petra 22 Sep - 22 Okt 2011

Urban art tidak hanya diterjemahkan sebagai seni perkotaan atau seni yang dimunculkan oleh perkotaan. Namun lebih dari itu, urban art (seni urban) adalah ungkapan rasa, refleksi maupun gagasan dari masyarakat perkotaan yang merupakan imbas langsung dari tuntutan masyarakat urban. Bercampurnya masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, etnis dan sosio-kultural itu membentuk budaya urban, salah satunya adalah pemikiran kontemporer mengenai lahirnya gagasan-gagasan baru yang tidak mampu diwadahi oleh seni klasik.

Oleh karenanya, seni urban yang mewujud dari budaya urban menghasilkan karya-karya seni yang cenderung orisinil; lahir dari kesenangan; tidak mempermasalahkan ada atau tidaknya kepentingan kapital (industri); membentuk komunitas yang sama; eklektik; tidak kikuk jika berkolaborasi dengan latar belakang yang berbeda; dan eksperimental.

Wujud dari seni urban adalah komik, mural, graffiti, zine, lomografi, urban toys (paper/resin/dll), desain karakter, digital painting, desain t-shirt, dan lain-lain. Seni urban hingga kerap dihubungkan dengan tumbuhnya komunitas-komunitas yang sering tumbuh karena tren. Seni urban banyak pula yang mengaitkannya dengan budaya anak muda perkotaan. Tidak salah memang, karena merekalah yang sering memiliki gagasan kebaruan, bahkan subversif; berani menabrak pakem yang diciptakan oleh generasi di atas mereka.

Saksikan dan nikmati keindahan urban art karya mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) UK Petra tersebut di Ruang Pameran Perpustakaan UK Petra, Gedung W Lt. 6, Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya.

Informasi lebih lanjut hubungi Petrus (031-2983212, email libpromo@petra.ac.id)

No comments: