Menu

Wednesday, January 26, 2005

PERPUSTAKAAN KRC BERUSAHA MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN

Oleh IwanTPD'38

Perpustakaan KRC terbuka untuk umum dengan sistem terbuka, yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan, pengolahan dan penyebarluasan informasi yang berhubungan dengan flora yang
berperan untuk meningkatkan kualitas SDM staf KRC.

Perpustakaan KRC memiliki koleksi bahan pustaka diantaranya buku, referens, hasil penelitian, hasil eksplorasi dan bahan non buku lainnya.

Perpustakaan KRC buka hari Senin-Kamis jam 07.00-13.30, Jumat jam 07.00-10.30, Sabtu jam 07.00-12.00. sampai saat ini perpustakaan krc terus berbenah diri dalam peningkatan pelayanan kepada pengguna.

Telah kita pahami bersama bahwa perkembangan dunia saat ini memasuki era informasi sebagai konsekuensi dari revolusi digital yang berdampak perubahan pada staf KRI menjadi staf yang syarat dengan informasi flora dan fauna. Oleh karena itu diperkirakan pada masa
datang staf krc akan bayak ditandai dengan munculnnya fenomena informasi dan
tergunakannya digital libaries.

Sebagai staf KRC kami tidak mungkin mengalienasi diri dari perkembangan yang terjadi. Kemampuan dan perkembanagan teknologi informasi harus kita adopsi tidak semata untuk bersaing dengan prerpustakaan lain tetapi untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna.

Dalam kontek ini kami berbicara tentang rencana menjadikan perpustakaan KRC menjadi perpustakaan digital dengan adanya jaringan terkoneksi ke internet sebagai wujud pelayanan perpustakaan yang lebih berkualitas. Jaringan internet ini diharapkan akan menciptakan pelayanan perpustakaan yang efesien, efektif dan transparan.

Untuk mengantisipasi kebutuhan diatas perlua adanya infrastrik informasi yang meliputi berbagai aspek, diantaranya: perusahaan yang brergerak dalam bidang informasi, menyangkut isi dan sumber informasi yang dirasakan sangat rawan kondisinya di Indonesia karena banyak Grey literatur yang tidak diterbitkan seperti laporan penelitian informasi dalam Web/ digital form, aplikasi dan jasa informasi yang harus disebarluaskan untuk dapat dipergunakan oleh pengguna kemudian kesiapan pengguna informasi .

Dengan mempertimbangkan aspek–aspek diatas maka BKT UPT KRC telah memberikan perhatian khusus kepada perpustakaan melalui pemasangan jaringan internet dan fasilitas pendukung lainnya sehingga kami dapat mudah mengakses, mengolah, dan memberikan informasi.

Dalam rangka pengembangan perpustakaan Cibodas kami juga selalu bekerja sama dengan perpustakaan KRB. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada BKT KRC atas dukungan yang diberikan yang berupaya untuk mengangkat demi perkembangan perpustakaan KRC. Fasilitas ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengunjung melalui segenap potensi SDM yang ada, tantangan serta tanggung jawab kepada KRC ada dihadapan kami semua.(jaskrc)

No comments: