Menu

Thursday, September 03, 2009

Membangun Web Server untuk Perpustakaan dengan XAMPP

Oleh Ahmad Saefudin S


I. Pendahuluan

Pada saat ini teknologi komputer atau yang lebih di kenal dengan IT tidak lepas dari kehidupan kita terutama dalam keseharian pekerjaan. Hampir rata-rata pekerjaan menggunakan IT mulai dari alat telekomunikasi telepon, fax, sampai internet.

Di dalam pelayanan informasi khususnya di dunia perpustakaan juga tidak terlepas dari penggunaan IT, informasi bibliografi katalog serta lainnya di simpan di dalam suatu pangkalan data atau lebih di kenal database. Database ini biasanya di simpan dalam suatu sistem perangkat keras komputer yang di peruntukan beroperasional 24 jam yang disebut komputer server. Didalam komputer server ini terdapat sistem operasi selain itu terdapat pula aplikasi-aplikasi perangkat lunak lainnya yang di butuhkan.

Didalam memberikan layanan perpustakaan terhadap pengguna secara online 24 jam melalui jaringan internet dibutuhkan suatu aplikasi yang dinamakan aplikasi web server.

Apa itu web server? Berdasarkan penjabaran pengertian menurut Web Wapedia Web Server atau Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows. Server web juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi di atas. [ http://wapedia.mobi/id/Server_web ]

Dalam tulisan ini web server yang akan digunakan adalah web server berbasis Apache. Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP. . [ http://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server ]

Software Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka atau lebih dikenal dengan opensource yang dikembangkan oleh komunitas terbuka yang dinaungi sebuah yayasan Apache Software Foundation

Dalam perkembangannya Apache banyak dijadikan dasar web server yang di kombinasikan dengan aplikasi lain seperti aplikasi database [mysql, progress sql dan lainnya] , dengan bahasa pemograman PHP, PERL dan lainnya. Beberapa produk malah di satukan dalam salah satu paket web server untuk memudahkan pengguna dalam membangun web server baik untuk uji coba atau pengembang bahkan untuk di aplikasikan. Paket web server apache untuk windows yang terkenal adalah paket windows, apache, mysql dan php dan lebih dikenal dengan istilah WAMP jika di tambah Perl maka di singkat WAMPP, begitu juga untuk linuk dikenal dengan istilah LAMP atau LAMPP.

Diantara produk non komersial atau freeware yang terkenal dan bebas digunakan yaitu XAMPP. XAMPP merupakan produk paket web server Apache , MySQL, PHP, PERL yang dapat di install di windows, linux, solaris atau machintos. Software XAMPP ditujukan bagi pengguna awam bahkan pengembang atau developer dalam membangun personal home page, atau web server untuk tujuan pengembangan web atau portal. XAMPP tidak ditujukan untuk digunakan sebagai web server yang sifatnya layanan produktif atas pertimbangan keamanan. Alamat web site resmi Xampp yaitu http://www.apachefriends.org .

Alasan memilih web server XAMPP :
• Free atau bebas digunakan
• Sangat mudah untuk di install
• Terdiri dari beberapa paket program yang berguna bagi pengembangan dan aplikasi web server
• Dapat di install untuk berbagai sistem operasi seperti MS Windows, Solaris, Linux, Machintos

Paket software yang yang berguna yang terdapat pada XAMPP yang berguna bagi pengembangan dan aplikasi web server yaitu :

XAMPP untuk Linux
Distribusi untuk OS Linux ( telah di test pada SuSE, RedHat, Mandrake dan Debian) terdiri: Apache, MySQL, PHP & PEAR, Perl, ProFTPD, phpMyAdmin, OpenSSL, GD, Freetype2, libjpeg, libpng, gdbm, zlib, expat, Sablotron, libxml, Ming, Webalizer, pdf class, ncurses, mod_perl, FreeTDS, gettext, mcrypt, mhash, eAccelerator, SQLite dan IMAP C-Client.
XAMPP untuk Windows
Distribusi untuk OS MS Windows ( telah di tes pada Windows 98, NT, 2000, 2003, XP dan Vista). Versi ini terdiri Apache, MySQL, PHP + PEAR, Perl, mod_php, mod_perl, mod_ssl, OpenSSL, phpMyAdmin, Webalizer, Mercury Mail Transport System untuk Win32 dan NetWare Systems v3.32, Ming, JpGraph, FileZilla FTP Server, mcrypt, eAccelerator, SQLite, and WEB-DAV + mod_auth_mysql.

XAMPP for Mac OS X
Distribusi untuk Mac OS X terdiri dari : Apache, MySQL, PHP & PEAR, SQLite, Perl, ProFTPD, phpMyAdmin, OpenSSL, GD, Freetype2, libjpeg, libpng, zlib, Ming, Webalizer, mod_perl, eAccelerator, phpSQLiteAdmin.
XAMPP for Solaris
Distribusi untuk OS Solaris (dikembangkan dan di test pada Solaris 8, di test dengan Solaris 9) terdiri dari: Apache, MySQL, PHP & PEAR, Perl, ProFTPD, phpMyAdmin, OpenSSL, Freetype2, libjpeg, libpng, zlib, expat, Ming, Webalizer, pdf class.

Pengembang memberikan peringatan akan produk ini yang menyatakan mereka tidak menanggung resiko atas penggunaan software ini.


Instalasi XAMPP

Sebelum melakukan instalasi XAMPP tentunya kita harus mendowload software XAMPP di http://www.apachefriends.org. Pada halaman download untuk versi windows kita dapat memilih versi paket dasar, upgrade atau develop dalam bentuk file installer, compress dalam file zip atau EXE [7-zip].

Setelah kita mendownload maka dapat segera melakukan proses instalasi, pada tulisan ini XAMPP yang akan digunakan adalah XAMPP untuk OS MS Windows, windows yang akan digunakan adalah windows XP SP2.

Instalasi pada OS Windows XP
Metode I: Installasi dengan File Installer
Instalasi XAMPP menggunakan versi installer sangat mudah.
Double klik file installer maka akan muncul dialog box yang menaynayakan XAMPP akan di install di mana, setelah ditentukan ikuti saja perintah selajutnya sampai selesai.


Gambar 1. Dialog box untuk XAMPP win32

Setelah instalasi selesai, program XAMPP akan di temukan pada menu Start / Programs / XAMPP. Untuk menjalankan dan memberhentikan server serta untuk install dan uninstall servis bias menggunakan Control Panel XAMPP.


Gambar 2. Control Panel XAMPP untuk menjalankan/stop Apache, MySQL, FilaZilla & Mercury atau install sebagai servis server.

Metode II: "Instalasi" tanpa Installer
Download dan unzip the 7-zip atau zip ke dalam folder yang dipilih.



Pada kasus ini XAMPP di ekstrak ke dalam folder D:\Program Files and will get a D:\Program Files\XAMPP folder. Setelah di ekstrak , buka folder tadi dan jalankan file "setup-xampp.bat".



Gambar 3. Folder XAMPP di d:\program files\xampp


Gambar 4. Message Process box pada saat file “setup-xampp.bat” dijalankan
Catatan : jika menggunakan versi installer kita tidak perlu menjalankan file "setup_xampp.bat".

Menjalankan XAMPP tanpa setup!

Jika kita mengekstrak XAMPP di folder paling atas bukan subfolder seperti c:\xampp atau d:\xampp dan sebagainya, kita dapat menjalankan XAMPP langsung. Program seperti Apache, MySQL and Mercury Mail server dapat jalan dengan baik, FileZilla FTP server tidak bias langsung jalan karena program ini memerlukan paths yang pasti. Di anjurkan jangan menggunakan folder ganda seperti c:\xampp\xampp! Kita memerlukan single folder untuk xampp. Untuk mensetup konfigurasi path maka kita harus menjalankan "setup-xampp.bat".
Menampilkan Web

Melalui control panel kita jalankan apache dan mysql, maka ketika kita mengakses web pada halaman http://localhost akan tampil menu pilihan bahasa dari xampp jika kita klik akan muncul menu web admin yang di sertai beberapa contoh aplikasi seperti berikut.


Gambar 5 contoh tampilan web admin XAMPP untuk flash.


Jika kita ingin menampilkan halaman web yang kita buat kita harus menyimpannya di bawah sub folder htdocs contohnya : c:\xampp\htdocs , file yang akan kita simpan misalnya profile.html maka untuk menampilkannya kita bisa mengakses di http://localhost/profile.html.
Fasilitas Administrasi database dengan PHPMyAdmin

Untuk mengelola database XAMPP meengkapinya dengan program PHPMyAdmin.


Gambar 6. Tampilan PhpMyAdmin

Keamanan [XAMPP Security console ]

Seperti yang telah di terangkan sebelumnya, XAMPP tidak di maksudkan untuk digunakan sebagai webserver servis aktif, tapi di tujukan hanya untuk pengembangan. Akan tetapi jika hanya di peruntukan sebagai fasilitas intranet sederhana yang tidak terkoneksi dengan jaringan luar, XAMPP sudah cukup memenuhi.

Beberapa daftar celah keamanan yang ada pada XAMPP yang harus di konfigurasi ulang:
• MySQL administrator (root) tidak memiliki password.
• MySQL daemon dapat di akses via jaringan.
• PhpMyAdmin dapat di akses via jaringan.
• Contoh aplikasi dapat di akses via jaringan .
• User untuk Mercury dan FileZilla sudah diketahui.

Amankan semua konfigurasi XAMPP sebelum mempublikasikan /mengaktifkan web dan aplikasi. Berikut halaman konfigurasi sekuriti/keamanan sederhana di bias di temukan di web control panel XAMPP.


Gambar 7. Halaman konfigurasi kemanan

Konfigurasi keamanan yang dapat dirubah melalui halaman ini yaitu merubah password MySQL dan PhpMyAdmin serta password untuk mengakses halaman dai direktori XAMPP.
Uninstall XAMPP

Untuk meng uninstall XAMPP, jika menggunakan installer pada saat menginstal, maka untuk uninstall cukup menjalankan file uninstall.exe di folder dimana XAMPP di install. Tapi jika menginstall XAMPP menggunakan file compress, untuk uninstall cukup dengan menghapus folder XAMPP. Semua proses uninstall tentunya harus didahului dengan proses mematikan semua aplikasi dan servis yang aktif pada XAMPP.


Gambar 9. Folder XAMPP

Versi Lite XAMPP

XAMPP Lite yaitu versi simple atau paket ringan dari XAMPP, beberapa Server seperti server mail Mercury Mail dan ftp FileZilla tidak disertakan serta tidak ada versi install , add on atau upgrade untuk versi ini.
Penempatan File Web
Sub Folder htdocs merupakan sub folder utama untuk meletakan file file yang akan di online kan. Sub folder dapat di temukan di \xampp\htdocs. Selain itu kita bias juga membuat sub folder di bawah sub folder htdocs misalnya berita dengan file news.html, maka untuk mengaksesnya kita bias membukanya dengan browser ke alamat http://localhost/berita/news.html. Halaman pertama yang langsung tampil adalah file yang bernama index.html atau index.php, sementara file lain yang dapat dijalankan pada XAMPP, yaitu :
• CGI - Executable: Overall, berakhiran : .cgi => base package
• PHP - Executable: Overall, berakhiran: .php .php4 .php3 .phtml => base package
• MOD Perl - Executable: .\xampp\htdocs\modperl, Allowed endings: .pl => Perl addon
• ASP Perl - Executable: .\xampp\htdocs\modperlasp, berakhiran: .asp => Perl Addon
• JSP Java - Executable: .\xampp\tomcat\webapps\java (u.a), berakhiran: .jsp => Tomcat addon
• Servlets Java - Executable: .\xampp\tomcat\webapps\java (u.a), berakhiran: .html (u.a) => Tomcat addon
• MOD Python - Executable: .\xampp\htdocs\python, berakhiran: .py => Python addon Spyce Python - Executable: .\xampp\htdocs\python, berakhiran: .spy => Python addon.
Edit Konfigurasi
Konfigurasi setting XAMPP melalui konfigurasi file text. Berikut file konfigurasi merubah setting XAMPP:
• Apache konfigurasi dasar: .\xampp\apache\conf\httpd.conf
• Apache SSL: .\xampp\apache\conf\ssl.conf
• Apache Perl ( addon): .\xampp\apache\conf\perl.conf
• Apache Tomcat (addon): .\xampp\apache\conf\java.conf
• Apache Python (addon): .\xampp\apache\conf\python.conf
• PHP:.\xampp\apache\conf\php.ini
• MySQL: .\xampp\mysql\bin\my.cnf
• phpMyAdmin: .\xampp\phpMyAdmin\config.inc.php
• FileZilla FTP: .\xampp\FileZillaFTP\FileZilla Server.xml
• Mercury Mail konfigurasi dasar : .\xampp\MercuryMail\MERCURY.INI
• Sendmail: .\xampp\sendmail\sendmail.ini
XAMPP tidak harus digunakan untuk online melalui internet tetapi dapat digunakan secara offline .

Keterangan Direktori

Directory Content
\xampp\anonymous Folder FTP contoh Anonymous
\xampp\apache Direktori server Apache server
\xampp\cgi-bin Direktori untuk menjalankan script cgi
\xampp\FileZillaFTP Direktori ftp server FileZilla
\xampp\htdocs Direktori utama web
\xampp\install Untuk Setup XAMPP (Jangan di hapus!)
\xampp\licenses Dito
\xampp\MercuryMail Direktori server Mercury Mail SMTP POP3 IMAP
\xampp\mysql Direktori server database MySQL
\xampp\perl Direktori Perl
\xampp\php Direktori PHP (4+5)
\xampp\phpmyadmin Direktori phpMyAdmin
\xampp\security Direktori Ekstra untuk konfigurasi keamanan
\xampp\tmp Folder temporary/sementara
\xampp\webalizer Direktori fasilitas statistic Webalizer
\xampp\webdav Folder contoh WebDAV

Referens

1. Web Server : http://wapedia.mobi/id/Server_web
2. Apache Server : http://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server
3. XAMPP : http://apachefriends.org


No comments: